TINDAK TUTUR PADA PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD HIKARI TANGERANG SELATAN

  • Vebryanti Vebryanti Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Ezik Firman Syah Universitas Esa Unggul, Jakarta

Abstract

Keadaan pandemi sekarang ini menyulitkan banyak bidang termasuk pendidikan. Pendidikan yang awalnya tatap muka menjadi online .. Guru tidak dapat memantau secara langsung perilaku siswa. Pembelajaran online yang menggunakan Zoom menyebabkan guru dan siswa tidak bisa memiliki hubungan yang intens dan menyebabkann guru dan siswa menjadi tertutup. Di tengah keadaan ini memang dibutuhkan tindak tutur yang benar agar tidak terjadi kesalahan komunikasi yang berakibat kepada kesalahan dalam penerimaan informasi. Tentunya hal ini memberikan dampak buruk yaitu tujuan pembelajaran tidak tercapai.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tidak tutur, bentuk tindak tutur, dan fungsi tindak tutur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 5 melalui aplikasi Zoom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak tindak tutur yang digunakan oleh guru dan siswa. Baik itu untuk kegunaan menyampaikan informasi, bertanya, memberikan perintah, mengekspresikan diri, dsb. Tindak tutur yang digunakan membantu terjadinya proses pembelajaran dengan baik. Penggunaan tindak tutur yang baik akan meminimalisir terhambatnya proses komunikasi antara guru dan siswa. Kesesuaian tindak tutur yang digunakan dengan konteks yang terkait akan membuat penutur dan mitra tutur tidak menjadi salah paham. Sehingga, tindak tutur sangat berpengaruh kepada tercapaian sebuah tujuan dan tindak tutur yang digunakan memiliki banyak jenis

Published
Sep 27, 2021
How to Cite
VEBRYANTI, Vebryanti; SYAH, Ezik Firman. TINDAK TUTUR PADA PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD HIKARI TANGERANG SELATAN. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 05, p. 306-314, sep. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/101>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i05.101.