PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS IV SD NEGERI 09 BANDAR BUAT

  • Indah Cahya Wulan Universitas Negeri Padang
  • Reinita Reinita Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas pembelajaran tematik terpadu kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat, dimana siswa menunjukkan hasil belajar yang rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan sebanyak dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti selaku praktisi, guru selaku observer, teman sejawat selaku observer dan peserta didik kelas IV SD Negeri Bandar Buat. Data dari penelitian ini berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), data pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu menggunakan Brainstorming, dan data hasil belajar siswa. Tujuan penelitian “Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu tematik dengan metode brainstorming di kelas IV SD Negeri 09 Bandarbuat”, hasil penelitian menunjukkan pada 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I rata-rata 76,3 poin baik (B ) meningkat menjadi 92 poin nilai baik (SB) pada siklus II, 2) aspek pengajaran pada siklus mencapai nilai rata-rata 80 poin sangat baik (B) meningkat menjadi 96 poin (SB) pada siklus II, 3) siswa mencapai nilai rata-rata dari 80 dengan nilai baik (B) meningkat menjadi 96 nilai baik (SB) pada siklus II, 4) hasil belajar pada siklus I mencapai nilai rata-rata 73 dengan nilai baik (B) meningkat menjadi 93,2 dengan nilai baik (SB) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di kelas IV SD Negeri 09 Bandar Buat hasil belajar siswa meningkat dengan pembelajaran tema terpadu dengan menggunakan metode brainstorming. Hasil belajar siswa pada pembelajaran tema terpadu dengan menggunakan metode brainstorming di kelas IV SD Negeri 09 Bandarbuat mengalami peningkatan setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I meningkat dari 73 pada siklus II, dan nilai rata-ratanya adalah 93,2. Berdasarkan hasil ini dapat terlihat hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan metode brainstorming mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II.

Published
Sep 27, 2021
How to Cite
WULAN, Indah Cahya; REINITA, Reinita. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI KELAS IV SD NEGERI 09 BANDAR BUAT. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 05, p. 237-252, sep. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/102>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i05.102.