Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Produksi Pada Sektor Perdagangan (Studi Pada Rumah Potong Hewan Tanah Merah Samarinda)

  • Abdul Madir Ichsan Ernawan Universitas Mulawarman Samarinda
  • Finnah Fourqoniah Universitas Mulawarman Samarinda

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memvisualisasikan penerapan etika bisnis terhadap aspek pemerintahan, proses produksi dan lingkungan di RPH Tanah Merah Samarinda, yang juga untuk menganalisis apakah etika bisnis sudah diterapkan atau belum oleh pengusaha itu sendiri sesuai dengan prinsip bisnis saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan penelitian adalah etika bisnis terhadap pemerintah, proses produksi dan aspek lingkungan. Sesuai dengan prinsip etika bisnis terkini seperti otonomi, integritas, keadilan, keuntungan bersama dan integritas moral. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan didukung dengan sumber data sekunder. Dari kesimpulan penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan etika bisnis dan prinsip etika bisnis di rumah potong hewan Tanah Merah Samarinda oleh pemilik usaha adalah segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan aspek fundamental kewirausahaan seperti etika bisnis. Setelah melalui proses analisis, kesimpulan yang diperoleh menegaskan bahwa penerapan etika bisnis terhadap aspek pemerintahan, proses produksi, dan lingkungan dalam penelitian ini belum berjalan dengan baik seperti yang direncanakan sebelumnya, yang berarti perlu adanya perbaikan dan evaluasi. Sedangkan penerapan prinsip-prinsip etika bisnis dari para pengusaha sudah dilaksanakan dengan baik dan sudah bergantung pada pertimbangan prinsip-prinsip dalam etika bisnis. Prinsip-prinsip seperti otonomi, integritas, keadilan, keuntungan bersama, dan nilai-nilai moral sudah dipertahankan, fakta ini disimpulkan dari kesaksian pemilik bisnis yang menyadari prinsip-prinsip tersebut sebagai aspek fundamental dari bisnis itu sendiri yang harus dilaksanakan dengan hormat.

Published
Nov 20, 2021
How to Cite
ERNAWAN, Abdul Madir Ichsan; FOURQONIAH, Finnah. Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Produksi Pada Sektor Perdagangan (Studi Pada Rumah Potong Hewan Tanah Merah Samarinda). JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 06, p. 315-326, nov. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/112>. Date accessed: 08 dec. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i06.112.