Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Menuju Masyarakat Sejahtera Melalui Model Collaborative Learning Siswa Kelas VI SD Negeri 186 Sridadi

  • Ratna Fitri Yantinah SD Negeri 186 Sridadi

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan suatu kondisi yang disengaja diciptakan oleh guru untuk membelajarkan peserta didik. Proses pembelajaran merupakan perpaduan dua unsur manusia yang saling melengkapi dengan memanfaatkan bahan pelajaran sebagai medianya untuk berperan secara optimal sehingga tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat tercapai. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 186 Sridadi. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis peningkatan dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penggunaan model Collaborative Learning dalam Pembelajaran Tematik tema menuju masyarakat sejahtera. Rata-rata kelas yaitu 81,23. Hasil tersebut sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan yang direncanakan yaitu ≥ 85% siswa tuntas belajar dengan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 70, pembelajaran tematik melalui model Collaborative Learning sudah memenuhi target perbaikan.  Penggunaan model Collaborative Learning dalam pembelajaran tematik tema menuju masyarakat sejahtera mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Dari 46,15% pada pembelajaran awal, meningkat menjadi 76,92% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II.

Published
Nov 20, 2021
How to Cite
YANTINAH, Ratna Fitri. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Menuju Masyarakat Sejahtera Melalui Model Collaborative Learning Siswa Kelas VI SD Negeri 186 Sridadi. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 06, p. 394-404, nov. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/114>. Date accessed: 08 dec. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i06.114.