Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik di SMPN I Cicurug Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Marini Marini SMPN 1 Cicurug Kabupaten Sukabumi

Abstract

Kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu kompetensi yang dimiliki guru. Namun dalam kenyataannya masih banyak guru yang belum mampu menyusun rencana pembelajaran sehingga hal ini secara otomatis berimbas pada kualitas out put yang dihasilkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP melalui supervise akademik yang dilaksanakan pada enam orang guru di SMPN 1 Cicurug Kabupaten Sukabumi1. Hasil dari penelitian ini diperoleh peningkatan kempuan guru dalam menyusun RPP ini dilihat dari data awal hanya rata 40% dari jumlah guru yang penyusunan RPP-nya sesuai dengan pedoman penyusunan RPP yang benar. Setelah dilaksanakan tidakan selama dua siklus terdapat peningkatan menjadi rata-rata 80% dari jumlah guru telah memiliki kemampuan dalam penyusunan RPP hal ini karena peneliti menerapkan supervisi akademik dalam penelitiannya

Published
Nov 20, 2021
How to Cite
MARINI, Marini. Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik di SMPN I Cicurug Kabupaten Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 06, p. 374-383, nov. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/118>. Date accessed: 08 dec. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i06.118.