Model Pendidikan Karakter Berbasis Full Day School

  • Millati Fitri Amaliya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis Bandung

Abstract

Saat ini persoalan moral dan karakter sudah akut dan kronis. Isu karakter buruk dapat dilihat dalam pemberitaan di media sosial, baik cetak maupun elektronik, dengan berita tentang kejahatan warga yang disiarkan hampir setiap hari, pendidikan moral menjadi isu penting dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini. Dalam hal ini pembentukan karakter bagi setiap manusia adalah kewajiban yang harus dilakukan terus-menerus tanpa henti, baik kerusakan dan kejahatan yang terjadi saat ini akibat tidak lagi mengamalkan akhlak yang baik sehingga semakin merosot akhlaknya. Oleh karena itu, pembentukan karakter tercermin baik dalam pendidikan formal maupun nonformal. Program full day school atau biasa disebut dengan sekolah penuh waktu merupakan salah satu upaya lembaga pendidikan untuk menanamkan karakter yang baik pada siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Pendidikan karakter melalui system full day school. Penelitian ini menggunakan metode field reserch yang dilakukan di SMP Laboratorium UPI Cibiru. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa yaitu kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi tenaga pendidik atau karyawan staff sekolah. Bagaimanapun program dan pembelajaran yang di berikan dari sekolah, tetap memerlukan dukungan atau kerja sama dari orangtua siswa agar program tersebut dapat terlaksanakan sebagaimana mestinya dan mendapatkan hasil yang baik. Pendidikan karakter melalui program full day school dengan pembiasaan setiap hari, cukup efektif membentuk karakter siswa, salah satunya karakter religious serta karakter disiplin

Published
May 20, 2022
How to Cite
AMALIYA, Millati Fitri. Model Pendidikan Karakter Berbasis Full Day School. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 130-142, may 2022. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/162>. Date accessed: 13 aug. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i2.162.