Desain Pembelajaran Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar

  • Andreas Erwin Prasetya Universitas Sanata Dharma

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan desain pembelajaran yang berbasis model discovery learning untuk siswa kelas 2 sekolah dasar. Desain pembelajaran yang dikembangkan secara spesifik untuk menstimulasi berkembangnya self efficacy sebagai dampak pengiring proses belajar. Implementasi penelitian dilakukan berdasar model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantarannya kuesioner dan wawancara. Kuesioner digunakan untuk mengembangkan desain pembelajaran dan pengukuran self efficacy sementara wawancara digunakan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Setelah proses pengembangan dan pengujian ditemukan bahwa desain pembelajaran memiliki kualitas konten sangat baik dan terjadi peningkatanĀ  self efficacy sebesar 30%.

Published
Aug 19, 2022
How to Cite
PRASETYA, Andreas Erwin. Desain Pembelajaran Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 218-227, aug. 2022. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/170>. Date accessed: 29 sep. 2022. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.170.