Implementasi Kebijakan Tentang Pengendalian Pemanfaatan Ruang Dalam Meningkatkan Pelyanan Pemberian Fatwa Rencana Pengarahan Lokasi Di Dinas Tata Ruang Permukiman Kabupaten Tasikmalaya

  • Basuki Rahmat Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara (STIA) YPPT Priangan Timur Tasikmalaya

Abstract

Kebijakan pengendalian pemanfaatan ruang di Kabupaten Tasikmalaya salah satunya dilakukan melalui pelayanan pemberian fatwa rencana pengarahan Lokasi. Pemberian fatwa rencana pengarahan lokasi merupakan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptip analisis, dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang terkait dalam pelaksanaan kebijakan pengendalian pemanfaatan ruang dalam meningkatkan pelayanan pemberian fatwa rencana pengarahan lokasi di Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Tasikmalaya yang berhubungan dengan pengajuan fatwa rencana pengarahan lokasi, sehingga berjumlah 68 orang.Implementasi kebijakan pengendalian pemanfaatan ruang di Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Tasikmalaya yang di dasarkan kepada syarat-syarat pelaksanaan kebijakan, berpengaruh terhadap pencapaian pelayanan pemberian fatwa rencana pengarahan lokasi di Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Tasikmalaya, dimana pelayanan pemberian fatwa rencana pengarahan lokasi di Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Tasikmalaya meningkat.


 


Kata kunci: kebijakan, pemanfaatan tata ruang fatwa rencana pengarahan lokasi

Published
Apr 29, 2020
How to Cite
RAHMAT, Basuki. Implementasi Kebijakan Tentang Pengendalian Pemanfaatan Ruang Dalam Meningkatkan Pelyanan Pemberian Fatwa Rencana Pengarahan Lokasi Di Dinas Tata Ruang Permukiman Kabupaten Tasikmalaya. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 16-31, apr. 2020. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/25>. Date accessed: 13 july 2020.