Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan Universitas Padjadjaran Bandung

  • M. Dana Prihadi Akademi Perekam Medis Dan Informatika Kesehatan (APIKES) Bandung

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat, maka kebutuhan informasi pengguna perpustakaan semakin meningkat. Hal ini membuat perpustakaan dituntut untuk memberikan layanan informasi yang lebih baik dan kepuasan pengguna menjadi tolak ukur dalam keberhasilan layanan yang diberikan oleh jasa pengelola perpustakaan. Masalah pada penelitian ini adalah pelayanan perpustakaan terhadap anggota perpustakaan Universitas Padjadjaran Bandung yang belum berjalan dengan efektif sedangkan tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah pelayanan di perpustakaan Universitas Padjadjaran berpengaruh terhadap kepuasan anggota perpustakaan Universitas Padjadjaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif dan metode verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota perpustakaan dalam observasi ini seluruh mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota aktif perpustakaan Universitas Padjadjaran pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 210 orang, dengan menggunakan Simple Random Sampling dan Rumus Slovin sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 138 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresiberganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan perpustakaan dalam menunjukan eksitensinya kepada pihak eksternal dinilaibaik. Kemauan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat (responsive) dan tepat kepada anggota perpustakaan Universitas Padjadjaran masih perlu dievaluasi menjadilebih baik. Pengetahuan, kesopansantunan, dan kemampuan para pegawai perpustakaan untuk menumbuhkan rasa percaya para anggota perpustakaan Universitas. Padjadjaran dalam hal kredibilitas masih perlu dievaluasi menjadi lebih baik. Kemampuan perpustakaan Universitas Padjadjaran untuk memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya dinilai baik. Kemampuan perpustakaan dalam memberikan perhatian khusus dan bersifat individual atau pribadi yang diberikan kepada para anggota dengan berupaya memahami keinginan anggota dinilaibaik.


 


Kata kunci: manajemen kepuasan pelanggan, tingkat kepuasan, sistem manajemen.

Published
Apr 29, 2020
How to Cite
PRIHADI, M. Dana. Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan Universitas Padjadjaran Bandung. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 38-44, apr. 2020. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/26>. Date accessed: 13 july 2020.