TRANSFORMASI IDENTITAS DIRI PEREMPUAN MUSLIMAH BERCADAR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KELOMPOK REFERENSI (STUDI FENOMENOLOGI PADA KOMUNITAS NIQAB SQUAD BANDUNG)

  • Auliansyah Afrianthoni UIN Bandung
  • Dedi Kurnaedi UIN Bandung
  • Asep Nuryaman UIN Bandung

Abstract

Transformasi identitas diri terjadi melalui tiga mekanisme, yaitu disonansi habitus dengan tatanan sosial yang berarti fenomena hadirnya identitas yang dianggap lebih menarik yang diawali dari ketidak nyamanan akan identitas yang dimilikinya, kemudian disonansi internal yang berarti proses yang mempengaruhi perilaku, citra, dankesan yang hendak diciptakan, serta moment of intentionality yang berarti keajegan dalam perilaku sesuai identitas baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui alasan perempuan Muslimah mengikuti akun media sosial Instagram Niqab Squad Bandung, mengetahui alasan mereka bergabung menjadi anggota komunitas Niqab Squad Bandung, serta peran media sosial Instagram dan referensi kelompok dalam transformasi identitas diri seorang perempuan Muslimah bercadar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran akun media sosial Instagram Niqab Squad Bandung dan referensi kelompok Niqab Squad Bandung sangat baik karna hamper seluruh tahapan pada proses transformasi identitas diri ini, responden pada penelitian ini mengalaminya.


Kata kunci : Transformasi; identitas diri; Instagram; referensi kelompok; fenomenologi;  Niqab Squad Bandung

Published
Jul 25, 2020
How to Cite
AFRIANTHONI, Auliansyah; KURNAEDI, Dedi; NURYAMAN, Asep. TRANSFORMASI IDENTITAS DIRI PEREMPUAN MUSLIMAH BERCADAR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KELOMPOK REFERENSI (STUDI FENOMENOLOGI PADA KOMUNITAS NIQAB SQUAD BANDUNG). JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 72-79, july 2020. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/32>. Date accessed: 03 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i3.32.