PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN BUNGUSARI KOTA TASIKMALAYA

  • Shopi Guspiati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YPPT Priatim Tasikmalaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh serta mendeskripsikan tentang implementasi kebijakan program sertifikasi guru terhadap kompetensi pedagogik serta berdampak terhadap kompetensi profesinal guru MI di Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya. Kompetensi pedagogik erat kaitannya dengan keprofesionalan guru, karena guru merupan asset terbesar dalam dunia pendidikan dan ujung tombak dalam membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan formal, namun kualitas pendidikan saat ini belum memperlihatkan kualitas yang diharapkan. Hal ini disebabkan kurangnya kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnnya.Menjawab pertanyaan tersebut perlu adanya peningkatan kompetensi guru baik kompetensi pedagogik maupun professional, yang tentunya diikuti oleh kesejahteraan guru. Program sertifikasi guru merupakan kebijakan pemerintah atas dasar UU no. 14 tahun 2005 tentangkebijakan Guru dan Dosen, dan Permendiknas nomor tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan melalui penilaian portofolio. Dengan kebijakan ini diharapkan para guru dapat meningkatkan kompetensi, guna menghasilnya lulusan yang berkualitas. Penelitian ini, selain deskriptif untuk menggambarkan data apa adanya berdasarkan data yang diperoleh melalui sampel, penelitian ini pun bersifat menerangkan (explanatory), yang bertujuanuntuk menguji tentang adanya hubungan sebab dan akibat antara berbagai variable yang diteliti. Adapun analisis data dalam penelitian yang menggunakan data primer dan sekunder yaitu dengan mengumpulkan data berupa angket atau kuesioner, wawancara, survey dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MI yang berada pada lingkungan Kecamatan Bungursari terkait gagasan kebijakan sertifikasi melalui sub aspek yang berpengaruh besar terhadap kompetensi Pedagogik.


 


Kata Kunci:  Pengaruh Implementasi kebijakan; Sertifikasi Guru; Kompetensi  Pedagogik;   Kompetensi Profesional

Published
Jul 25, 2020
How to Cite
GUSPIATI, Shopi. PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN BUNGUSARI KOTA TASIKMALAYA. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 121-127, july 2020. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/37>. Date accessed: 03 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i3.37.