MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI TERBIMBING PADA SISWA KELAS X TSM 1 DI SMK NEGERI 1 GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

  • Yana Yana SMK Negeri 1 Gunung Jati

Abstract

Sejarah merupakan bagian dari mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Tujuan mempelajari sejarah adalah agar siswa dapat memahami apa yang terjadi di masa lampau, sehingga dapat menarik hikmah dari apa yang telah dipelajari dari peristiwa yang telah terjadi tersebut. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran sejarah siswa terlihat kurang antusias, daya kreativitasnya rendah, dan siswa bersikap acuh tak acuh. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar sejarah kiranya diperlukan strategi pembelajaran yang tepat serta metode pembelajaran yang bervariasi. Salah satunya, yakni penggunaan metode diskusi yang dibimbing langsung oleh guru secara lebih mendalam. Melalui penggunaan metode diskusi terbimbing diharapkan para siswa kelas X  TSM 1 mengetahui Materi Pokok Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara.


 


Kata Kunci: sejarah; metode diskusi terbimbing; siswa kelas X TSM 1

Published
Jul 25, 2020
How to Cite
YANA, Yana. MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DENGAN METODE DISKUSI TERBIMBING PADA SISWA KELAS X TSM 1 DI SMK NEGERI 1 GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 128-132, july 2020. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/38>. Date accessed: 03 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i3.38.