IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM MENGUKUR PENERIMAAN OPERATOR PTKIS TERHADAP EDUCATIONAL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM

  • Ayu Puji Rahayu STAI Darul Falah Cihampelas Bandung Barat

Abstract

Tulisan ini menjelaskan implementasi Technology Acceptance Model dalam Mengukur Penerimaan Operator PTKIS terhadap Educational Management Information System. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah studi literatur, observasi, dan wawancara dengan menerapkan model yang akan digunakan dengan objek penelitian adalah PTKIS di wilayah KOPERTAIS II Jawa Barat Banten. Pengolahan data ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu : (1) persiapan data mentah, (2) pembuatan model persamaan, (3) validasi model pengukuran, dan (4) pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian terhadap penelitian yang dilakukan di PTKIS Jawa Barat dan Banten tentang tingkat penerimaan operator PTKIS terhadap aplikasi EMIS menggunakan pendekatan model penerimaan teknologi (Technology Acceptance Model) dengan AMOS versi 22.0, kesimpulan yang dapat diambil adalah: Terdapat delapan (8) konstruk/variabel pada penelitian ini yang dianggap dapat menganalisis tingkat penerimaan operator PTKIS terhadap EMIS di Jawa Barat dan Banten. Konstruk/variabel tersebut adalah Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Behavioral Intention to Use, Attitude Toward Using, Perceived Usage, Experience, Complexity, dan self Efficacy dengan 12 hipotesis yang dibuat untuk menganalisa tingkat penerimaan operator PTKIS di Jawa Barat dan Banten

Published
Sep 25, 2020
How to Cite
RAHAYU, Ayu Puji. IMPLEMENTASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DALAM MENGUKUR PENERIMAAN OPERATOR PTKIS TERHADAP EDUCATIONAL MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 4, p. 148-164, sep. 2020. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/44>. Date accessed: 22 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i4.44.