PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN DI KABUPATEN CIREBON (STUDI KASUS PADA PT. PEGADAIAN CABANG KLAYAN)

  • Nasir Asman Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) Cirebon
  • Uun Komala Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) Cirebon

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualiatas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Klayan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner pada 67 nasabah PT. Pegadaian Cabang Klayan yang menjadi responden dengan menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen penelitian ini diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, analisis data menggunakan regresi linear sederhana, pengujian determinasi dan uji parsial yang diolah dengan SPSS versi22. Dari hasil nilai koefisien menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen (kualitas pelayanan) adalah 61,2% yang ditunjukkan oleh nilai R-Square, sisanya 38,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Klayan. 

Published
Jan 28, 2021
How to Cite
ASMAN, Nasir; KOMALA, Uun. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. PEGADAIAN DI KABUPATEN CIREBON (STUDI KASUS PADA PT. PEGADAIAN CABANG KLAYAN). JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 28-34, jan. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/72>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i1.72.