PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DESA PAKRAMAN PADANGSAMBIAN

  • AA Sagung Istri Pramanaswari Universitas Mahasaraswati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dari Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Padangsambian diukur dengan metode Balanced Scorecard. Selama ini LPD Desa Pakraman Padangsambian hanya melakukan pengukuran kinerja dengan menitikberatkan aspek keuangan saja sedangkan nonkeuangan kurang diperhatikan. Metode pengukuran kinerja yang dianggap tepat mengatasi kendala secara menyeluruh pada LPD yaitu Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan metode perencanaan dan penilaian yang mencakup empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.  Hasil yang diperoleh untuk perspektif keuangan menunjukkan CAR berada diatas 12% sesuai standar minimum, KAP berada dibawah 10,3% sesuai standar maksimum, NPL berada diatas 3,35% belum sesuai dengan standar maksimum, ROA berada diatas 1,215% sesuai dengan standar minimum, BOPO berada dibawah 93,5% sesuai dengan standar maksimum, cash ratio berada diatas 4,05% sesuai dengan standar minimum, dan LDR berada dibawah 94,75% sesuai dengan standar maksimum. Untuk perspektif pelanggan yaitu profitabilitas pelanggan menunjukkan peningkatan secara konsisten sedangkan akuisisi dan retensi pelanggan menunjukkan hasil yang fluktuatif. Untuk perspektif proses bisnis internal yaitu proses operasi pelayanan menunjukkan hasil fluktuatif sedangkan tingkat risiko piutang tidak tertagih menunjukkan hasil yang baik. Sementara, untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan yaitu produktivitas karyawan mengalami peningkatan, pendidikan dan pelatihan menunjukkan hasil yang sangat baik, dan retensi karyawan yang sangat baik.

Published
Sep 27, 2021
How to Cite
PRAMANASWARI, AA Sagung Istri. PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCED SCORECARD PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DESA PAKRAMAN PADANGSAMBIAN. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 05, p. 163-181, sep. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/78>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i05.78.