PENGARUH METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRIWATI BIDANG ILMU AL-MAHID DI PONDOK PASANTREN ASSALAFIAT II BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

  • Agus Muhibudin Akademi Maritim Cirebon

Abstract

Pendidikan Islam adalah pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an dan Hadis serta dalam pemikiran para ulama dan dalam praktek sejarah umat Islam, seperti pendidikan yang ada di dalam pesantren. Metode Drill adalah suatu cara mengajar siswa melakukan latihan, siswa memiliki ketangkasan dan keterampilan lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Harga koefisien korelasi r = 0,65 artinya pengaruh penggunaan metode drill terhadap  motivasi belajar santri pada bidang ilmu Al- Mahid termasuk dalam kategori cukup. Terdapat pengaruh antara metode drill dalam meningkatkan motivasi belajar santri pada bidang Ilmu Al-Mahid di Pondok Pesantren Assalafiat II sebesar (0,65) termasuk dalam kategori cukup. Penelitian ini memberikan informasi bahwa Metode Drill berpengaruh terhadap motivasi Belajar santriwati sebesar (0,65). Hal ini menunjukkan bahwa Motivasi belajar Santriwati masih banyak dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, diharapkan dalam penelitian selanjutnya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi belajar Santriwati selain yang diteliti dalam penelitian ini.

Published
Jul 27, 2021
How to Cite
MUHIBUDIN, Agus. PENGARUH METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRIWATI BIDANG ILMU AL-MAHID DI PONDOK PASANTREN ASSALAFIAT II BABAKAN CIWARINGIN CIREBON. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 04, p. 86-95, july 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/79>. Date accessed: 19 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i04.79.