ANALISIS PENGUKURAN KINERJA INSTITUT AGAMA ISLAM CIPASUNG (IAIC) TASIKMALAYA BERDASAR PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

  • Jaja Juhara Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya
  • Endah Hasanah Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi
  • Ayi Saepuloh Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Ujang Cepi Barlian Universitas Islam Nusantara Bandung

Abstract

Balanced Scorecard selain digunakan sebagai alat pengukuran kinerja lembaga bisnis, juga kini berfungsi sebagai alat pengukuran kinerja organisasi nirlaba seperti lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya berdasar Balanced Scorecard. Alasan IAIC dijadikan objek penelitian, karena Perguruan Tinggi swasta ini merupakan perguruan Tinggi Islam Swasta yang berbasis pesantren dan memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Jawa barat saat ini. Namun demikian belum jelas apa penyebab yang membuat meningkatnya jumlah mahasiswa tersebut, apalagi masih terdapat masalah seperti belum optimalnya hasil penelitian dan pengabdian dosen, terbatasnya dana pengembangan serta sarana prasarana yang belum memadai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus eksploratorif. Hasil Penelitian dari keempat persfektif, yaitu persfektif keuangan, persfektif bisnis internal, persfektif pelanggan dan persfektif pertumbuhan dan pembelajaran, Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) berkinerja baik.

Published
Jul 27, 2021
How to Cite
JUHARA, Jaja et al. ANALISIS PENGUKURAN KINERJA INSTITUT AGAMA ISLAM CIPASUNG (IAIC) TASIKMALAYA BERDASAR PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 04, p. 115-123, july 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/80>. Date accessed: 19 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i04.80.