PERTANYAAN BACAAN TEKS SASTRA DALAM BUKU AJAR SMP BERDASARKAN DIMENSI BLOOM

  • Syafira Mahfuzi Ardiyati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Kastam Syamsi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini mengkaji analisis pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku ajar bahasa Indonesia jenjang SMP. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah penyajian dan presentase pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku ajar bahasa Indonesia SMP. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penyajian dan presentase pertanyaan bacaan dalam buku ajar bahasa Indonesia kelas SMP.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku ajar bahasa Indonesia SMP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik catat. Selanjutnya metode analisis data menggunakan metode padan metode referensial. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teori dengan derajat kepercayaan melalui teknik ketekunan dan pengamatan.


Kesimpulan penelitian yaitu 1) Penyajian pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII, VIII, IX berdasarkan Taksonomi Bloom mencakup enam ranah kognitif yaitu C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), C5 (menilai), dan C6 (menciptakan). 2) Persentase pertanyaan bacaan teks sastra dalam buku bahasa Indonesia kekelas VII, VIII, dan IX penerbit Tiga Serangkai pada ranah kognitif mengingat (C1) mendominasi dengan proporsi persentase lebih besar dibandingkan ranah kognitif lainnya, yaitu 29,17% kelas VII, 36,92% pada kelas VIII , dan 42,57% kelas IX.

Published
Jul 27, 2021
How to Cite
ARDIYATI, Syafira Mahfuzi; SYAMSI, Kastam. PERTANYAAN BACAAN TEKS SASTRA DALAM BUKU AJAR SMP BERDASARKAN DIMENSI BLOOM. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 04, p. 144-151, july 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/84>. Date accessed: 20 sep. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i04.84.