PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK TEMA CITA-CITAKU MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SISWA KELAS IV SD NEGERI 20 JEMBATAN MAS

  • Asril Asril SD Negeri 20, Jembatan Mas, Jambi

Abstract

Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Proses belajar mengajar dengan metode pembelajaran Team Quiz mengajak siswa melakukan diskusi, bertanya, menjawab pertanyaan, memberi arahan, mengemukakan pendapat, dan menyampaikan informasi dengan cara bekerjasama bersama timnya, melalui penerapan metode pembelajaran Team Quiz siswa akan memperoleh dukungan dari rekan timnya sehingga siswa menjadi lebih terbuka dan percaya diri. Metode pembelajaran Team Quiz cocok untuk mengasah keterampilan bekerjasama siswa, melatih siswa untuk bersaing secara sehat dan menghargai satu sama lain. Metode yang dipilih dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa, melalui metode Team Quiz. Hasil yang didapat dalam penelitian ini, bahwa metode pembelajaran Team Quiz dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema cita-citaku kelas IV SD Negeri 20  Jembatan Mas  Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil evaluasi siswa juga menunjukkan tingkat ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan dan telah mencapai harapan.

Published
Sep 27, 2021
How to Cite
ASRIL, Asril. PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK TEMA CITA-CITAKU MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SISWA KELAS IV SD NEGERI 20 JEMBATAN MAS. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 05, p. 197-214, sep. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/94>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i05.94.