KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KALIABANG TENGAH BEKASI UTARA

  • Karina Dwiyanti Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Nurul Febrianti Universitas Esa Unggul, Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam pembelajaran daring di Kaliabang Tengah Bekasi Utara, dan mengetahui kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di Kaliabang Tengah Bekasi Utara. Penelitian ini dilakukan pada orang tua yang memiliki anak usia sekolah dasar di wilayah Kaliabang Tengah Bekasi Utara. Metode yang digunakan dalam  penelitian  ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua terutama gender ibu, menjadi kunci utama dalam pencapaian keberhasilan pelaksanaan pembelajaran daring. Selama pelaksanaan pembelajaran daring, orang tua memiliki tanggung jawab penuh dalam memberikan bimbingan kepada anak seperti: a) menjelaskan materi pelajaran anak; b) membantu anak dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru di sekolah; c) memberikan  motivasi anak dalam belajar; d) menyediakan fasilitas belajar anak di rumah. Kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di Kaliabang Tengah Bekasi Utara yaitu latar belakang pendidikan orang tua memengaruhi tingkat kesulitan dalam mendidik anak; tingkat ekonomi orang tua memengaruhi dalam hal pemenuh kebutuhan atau memfasilitasi pembelajaran daring di rumah; dan kesulitan dalam membagi waktu pendampingan belajar anak di rumah.

Published
Sep 27, 2021
How to Cite
DWIYANTI, Karina; FEBRIANTI, Nurul. KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KALIABANG TENGAH BEKASI UTARA. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 05, p. 266-280, sep. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/95>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i05.95.