PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS II SD NEGERI NO. 20 JEMBATAN MAS

  • Purnama Purnama SD Negeri 20 Jembatan Mas, Jambi

Abstract

Pada dasarnya pembelajaran terpadu dikembangkan untuk menciptakan pembelajaran yang di dalamnya siswa sendiri aktif secara mental membangun pengetahuannya yang dilandasi oleh struktur kognitif yang telah dimilikinya. Pelajaran Tematik menumbuhkembangkan aspek pengetahuan, dan aspek ketrampilan yang dapat muncul dalam penalaran siswa, oleh karenanya diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat. Pendekatan yang tepat tidak hanya bertumpu pada aspek pengetahuan saja, namun pendekatan pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dipilih adalah Metode Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Karena selain melatih kemampuan bekerja sama siswa metode Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam membangun pengetahuan selama pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui peningkatan efektivitas belajar dan hasil belajar, dengan menggunakan Tematik tem Bermain di lingkunganku. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Dari hasil penelitian di SD Negeri 20 Jembatan Mas tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif digunakan pada tema bermain di lingkunganku karena dengan melalui penerapan. Dengan menggunakan metode Jigsaw, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal meningkat. Hal ini dapat diketahui dari analisis hasil tes akhir siswa yang mengalami peningkatan. Persentase kemampuan siswa yakni pada siklus I sebesar 62,96%,  pada siklus II sebesar 81,48%, dan siklus III sebesar 100%.

Published
Sep 27, 2021
How to Cite
PURNAMA, Purnama. PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA BERMAIN DI LINGKUNGANKU MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS II SD NEGERI NO. 20 JEMBATAN MAS. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 05, p. 293-305, sep. 2021. ISSN 2721-2246. Available at: <http://jurnal.syntaximperatif.co.id/index.php/syntax-imperatif/article/view/96>. Date accessed: 22 oct. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i05.96.