Studi Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom dan Laboratorium Terhadap Pemahaman dan Kemandirian Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i1.342Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Google Classroom dan Laboratorium terhadap pemahaman dan kemandirian siswa pada mata pelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan yaitu analitik kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Penelitian ini menggunakan instrument tes berupa soal pemahaman dan instrument non tes berupa angket kemandirian siswa. Populasi pada penelitian ini siswa kelas X di SMKN 2 Sampang yang berjumlah 180 Siswa dari 6 kelas, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-A keseluruhan berjumlah 20 siswa dengan media pembelajaran Google Classroom dan kelas X-B dengan jumlah siswa sebanyak 20 dengan media pembelajaran Laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan pemahaman siswa menggunakam media pembelajaran Google Classroom dan Laboratorium yang dibuktikan dengan uji Independent Sample T-test, diperoleh rata-rata nilai posttest Google Classroom sebesar 77,60 dan posttest Laboratorium sebesar 84,00. 2) Terdapat perbedaan kemandirian siswa menggunakam media pembelajaran Google Classroom dan Laboratorium yang dibuktikan dengan uji Independent Sample T-test, diperoleh rata-rata nilai angket Google Classroom sebesar 58,75 dan Laboratorium sebesar 61,65