Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Keterampilan Komunikasi Pengasuh Terhadap Keterbukaan Diri Anak Asuhan

Authors

  • Desi Puspita Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i2.226

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi interpersonal terhadap keterbukaan diri anak asuhan dengan pengasuh serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan komunikasi terhadap keterbukaan diri anak asuhan dengan pengasuh panti asuhan Al-Ihsan Khazanah Kebajikan Empat Lawang. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan penyebaran kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori Sedangkan teori komunikasi interpersonal yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal yang disampaikan oleh (Muhammad, 2011 : 43) yakni keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesamaan. Kemudian mengenai indikator keterampilan komunikasi menurut Nofrian (2016:140) dapat diukur dengan indikator respect, empathy, audible, clarity dan humble. serta menurut Devito (2011:64) menjelaskan indikator keterbukaan diri yakni jumlah, valensi, ketepatan dan kejujuran, intensi dan keakraban. Hasil penelitian diperoleh bahwa adanya pengaruh komunikasi interpersonal dan keterampilan komunikasi terhadap keterbukaan diri anak asuhan dengan pengasuh panti asuhan Al-Ihsan Khazanah Kebajikan Empat Lawang sebesar 35,2%.

Published

2023-05-19