Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Energi Listrik pada Siswa Kelas VI SDN 10/X Nipah Panjang Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i2.234Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan diskusi metode buzz group di kelas VI SDN 10/X Nipah Panjang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, pada tahap awal dilakukan perencanaan untuk dilaksanankan dengan Penerapan diskusi metode buzz group tahap kedua pelaksanaan proses pembelajaran oleh siswa selaku subjek, tahap ketiga observasi yang dilakukan oleh Observer. Tahap keempat dilaksnakan refleksi pelajaran. Keempat tahap tersebut merupakan siklus I dan II. Hasil siklus I menunjukan bahwa observasi terhadap guru mencapai nilai 60% termasuk kriteria cukup dan hasil belajar 65,00 dalam hal ini penelitii melanjutkan ke tahap siklus II. Pada pelaksanaan siklus II menunjukan bahwa observasi terhadap guru mencapai nilai 86% termasuk kriteria sangat baik dan hasil belajar siswa 90% termasuk dalam kriteria sangat baik dengan demikian penelitian ini di hentikan karna telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 70. Pembelajaran siklus I dan siklus II terdapat peningkatan dalam hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA hal ini di buktikan dengan rekapitulasi nilai yang mencapai 25% dalam hal ini pembelajaran bisa di katakan efektifk/efisien.