Evaluasi Pengimplementasian Aplikasi Belajar “Kelas Pintar†untuk Meningkatkan Digital Literasi Guru di Sekolah Dasar Swasta Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i1.251Abstract
Perkembangan era 5.0 dan munculnya covid-19 membuat system sekolah banyak mengalami perubahan menjadi online. Banyak nya dobrakan baru yang dilakukan sekolah untuk memenuhi kebutuhan era saat ini yang serba memakai teknologi. Tentu saja setiap sekolah ingin memberikan sistemasi terbaik untuk pengajaran pada siswa. Oleh karena itu, aplikasi kelas pintar ini di terapkan sebagai media pengantar pembelajaran antara guru dan siswa. Selain itu seperti yang kita ketahui bahwa rendah nya angka digital literasi terhadap guru di Indonesia membuat aplikasi kelas pintar ini sangat membantu untuk peningkatan digitalisasi terhadap era saat ini. Tujuan dari tulisan ini pun sebagai bentuk evaluasi dalam pelaksaan program aplikasi kelas pintar di salah satu sekolah di daerah kabupaten Bekasi untuk meningkatkan digital literasi pada guru di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dimana di setiap model nya memiliki target dan ketentuan nya masing-masing. Hasil yang di daptkan dari program ini sangat memuaskan dan penggunaan nya berjalan lancar sesuai rencana dan sangat membantu guru dalam meningkatkan digital literasi, Hanya saja penggunaan nya masih belum merata di sekolah tersebut karena membutuhkan akses internet yang stabil dan besar, sehingga aplikasi ini masih perlu perbaikan dan evaluasi dalam penggunaan nya di sekolah dasar tersebut.