Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas III Di SDN Mekarmukti 03 Bekasi Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Desta Aulia Rachma Dwiningrum Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia
  • Titin Sunaryati Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora, Universitas Pelita Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.255

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui peroses pengembangan media pembelajaran pop up book bagi pelajaran PKn, guna mengetahui respon peserta didik terhadap ketertarikannya media pop up book serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur penelitian Brog and Gall. Pada penelitian ini peneliti juga memanfaatkan metode Eksperimen seperti dengan melakukan pre-test dan pos-test pada kedua kelas. Dimana pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penggunaan media pop up book. Hasil penelitian diketahui bahwa media pop up book dikatakan sangat amat layak digunakan sebagai suatu media pembelajaran dilihat dari rata-rata hasil validasi para ahli serta respon siswa terhadap media pop up book di nyatakan sangat layak. Dari hasil rata-rata pada kelas kontrol dengan nilai pre-test 49,52 dan post-test 64, sedangkan pada kelas eksperimen didapatkan rata-rata pre-test 59,71 dan pos-test 74,57. Sehingga dapat dilihat dari perbandingan kedua kelas tersebut pada kelas eskperimen yang diberikan perlakuan dengan penggunaan media pop up book terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa

Published

2023-07-25

How to Cite

Rachma Dwiningrum, D. A., & Sunaryati, T. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas III Di SDN Mekarmukti 03 Bekasi Tahun Pelajaran 2022/2023. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 283–288. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i3.255