Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Wafffa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Nurul Fikri Banjarbaru

  • Noor Halidah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin, Indonesia

Abstract

Kehidupan manusia terus berkembang serta melahirkan hal-hal baru yang berkesingugan dalam Pendidikan karena manusia dengan ilmu pengetahuan bagaikan sinaran, permata di tengah malam karena manusia dengan ilmu pengetahuan menjadi berharga dan mahal apalagi di tambah dengan nilai plus seperti memiliki kelebihan yang besar yaitu Ilmu Pengetahuan Al-Quran. Ilmu pengetahuan begitu penting bagi manusia karena menjadi kausalita untuk semua dan keperluan insan bisa terpenuhi secara lebih cepat dan praktis tanpa di kotomi dan mampu berintegrasi dalam keadaan apapun. Ilmu pengetahuan pada manusia berperan dalam komunikasi, pemukiman, transfortasi, dan Pendidikan. Ilmu pengetahuana dan ilmu agama harus berintegrasi tanpa harus dikototmi. Ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan agama menjadi integrasi tanpa harus dikotomi karena ini akan menjadi hasil yang luar biasa apabila di campur adukan dengan Ilmu Al-Quran akan menjadi motivasi, kesatuan bahasa yang memudahkan komunikasi ilmiah, membantu pengembangan ilmu pengetahuan, dan membuat pandangan internasional yang membuka isolasi dari dunia luar. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field resied) dengan menggumpulkan data, jenis data, wawancara dan observasi hasil penelitian ini adalah cukup baik karena guru dan siswa mampu berkolaborasi dalam pembelajaran berlangsung

Published
2024-01-17