Pengaruh Media Pembelajaran Web Wordwall Terhadap Motivasi dan Kemandirian Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Siti Musrifah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr Soetomo, Indonesia
  • Lailatul Muiroh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr Soetomo, Indonesia
  • Nuril Huda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr Soetomo, Indonesia
  • Afan Faizin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr Soetomo, Indonesia
  • Ni Nyoman Sarmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr Soetomo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i1.340

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran web wordwall terhadap motivasi dan kemandirian membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan Pre-experimental design dengan desain penelitian Pre-experimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan instrument non tes berupa angket untuk megetahui motivasi dan kemandirian siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XII SMKN 2 Sampang dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XII Multimedia 1 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran Web Worldwall terhadap motivasi belajar siswa dan kemandirian membaca pada mata pelajaran bahasa Inggris

Downloads

Published

2024-03-13