Efektivitas Kelas Takhassus Baca Tulis Al Quran (BTQ) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i1.343Abstract
Al-Qur'an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup manusia dan kita diwajibkan untuk membacanya. Namun, banyak yang mengaggap sekedar membaca Al-Qur’an saja sudah cukup. Padahal dari segi tajwid, makhorijul huruf dan sifatul huruf masih harus diperbaiki. Salah satu alternatif untuk meminimalisir hal itu dengan mengadakan program khusus belajar Al Quran salah satunya dengan kelas Takhassus BTQ. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah efektivitas kelas takhassus BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran siswa MTs Wihdatul Fikri Kamojang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa MTs Wihdatul Fikri Kamojang yang mengikuti kelas takhassus BTQ yaitu berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik tes“t†untuk dua sampel yang saling berhubungan. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunaka uji “t†didapat t0 (14,69) > tt (2,021), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa terdapat efektivitas kelas Takhassus BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an Siswa MTs Wihdatul Fikri Kamojang