Efektivitas Mind Mapping dan Model Inkuiri Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i1.346Abstract
Hasil belajar esensinya merupakan efek perlakuan dari berbagai komponen yang diciptakan dalam sistem pembelajaran. Hasil belajar yang rendah, kurang berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan berpikir kritis menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Dalam proses pembelajaran siswa diharapkan menemukan sendiri konsep-konsep yang dipelajarinya serta dibiasakan untuk memetakan konsep-konsep yang dipelajari, agar mengetahui dan memudahkan siswa dalam belajar. Mind mapping ini secara garis besar menunjukkan dan mengarahkan siswa dengan konsep-konsep utama dari pemetaan yang akan dipelajari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk. Rancangan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan komparasi dengan membandingkan hasil pembelajaran dari efek perlakuan yang diimpelementasikan yaitu penggunaan mind mapping dan model pembelajaran inkuiri. Sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Saiful Ulum Tanjungbumi sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelompok kontrol dengan masing-masing 19 siswa. Metode pengumpulan data digunakan tes hasil belajar. Analisis datanya digunakan uji two independent sample t-test dengan SPSS 26. Hasilnya adalah model pembelajaran mind mapping dan model pembelajaran inkuiri berbasis media interaktif efektif terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA