Efektivitas Mind Mapping dan Model Inkuiri Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA

Authors

  • Horidatus Saadah Universitas Dr Soetomo Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Moh. Nurul Fatah Universitas Dr Soetomo Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Diah Novianti Universitas Dr Soetomo Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Sri Utami Universitas Dr Soetomo Surabaya, Indonesia, Indonesia
  • Soesiana Tri Eka S Universitas Dr Soetomo Surabaya, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i1.346

Abstract

Hasil belajar esensinya merupakan efek perlakuan dari berbagai komponen yang diciptakan dalam sistem pembelajaran. Hasil belajar yang rendah, kurang berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan berpikir kritis menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Dalam proses pembelajaran  siswa diharapkan menemukan sendiri konsep-konsep yang dipelajarinya  serta dibiasakan untuk memetakan konsep-konsep yang dipelajari, agar mengetahui dan memudahkan siswa dalam belajar. Mind mapping ini secara garis besar menunjukkan dan mengarahkan siswa dengan konsep-konsep utama dari pemetaan yang akan dipelajari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk. Rancangan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan  komparasi dengan membandingkan hasil pembelajaran dari efek perlakuan yang diimpelementasikan yaitu penggunaan mind mapping dan model pembelajaran inkuiri. Sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Saiful Ulum Tanjungbumi sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelompok kontrol dengan masing-masing 19 siswa. Metode pengumpulan data digunakan tes hasil belajar. Analisis datanya digunakan uji two independent sample t-test dengan SPSS 26. Hasilnya adalah model pembelajaran  mind mapping dan model pembelajaran inkuiri berbasis media interaktif efektif terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA

Downloads

Published

2024-03-23

How to Cite

Saadah, H., Fatah, M. N., Novianti, D., Utami, S., & Eka S, S. T. (2024). Efektivitas Mind Mapping dan Model Inkuiri Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 82–89. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i1.346

Citation Check