Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SMIT Fithrah Insani Baleendah

Authors

  • Oktaviani Rizka Asih Puspitaningrum Pendidikan Agama Islam STIT At-Taqwa Ciparay Bandung, Indonesia
  • Atep Komussudin Pendidikan Agama Islam STIT At-Taqwa Ciparay Bandung, Indonesia
  • Nurhayati Nurhayati Pendidikan Agama Islam STIT At-Taqwa Ciparay Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i1.355

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode Talaqqi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SMAIT Fithrah Insani Baleendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif survei. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes lisan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAIT Fithrah Insani Baleendah yang berjumlah 148 peserta didik. Namun, berdasarkan rumus Slovin, maka jumlah responden yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah sebesar 60 responden. Hasil uji Koefisien determinasi didapatkan nilai R Square 0,187, artinya 18,7% variabel Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Y) dipengaruhi oleh Metode Talaqqi (X) dan sisanya 81,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Selanjutnya hasil uji Regresi linier sederhana didapatkan nilai sig. lebih kecil dari 5%. Maka  dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha Diterima, artinya ada pengaruh Metode Talaqqi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SMAIT Fithrah Insani Baleendah

Downloads

Published

2024-04-19