Campur Kode di Media Sosial Instagram “Overheardbeauty”

Authors

  • Fanny Puji Hikmarezki Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr. Soetomo, Indonesia
  • Wahyu Widayati Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr. Soetomo, Indonesia
  • Ninik Mardiana Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr. Soetomo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i2.362

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bentuk campur kode, jenis campur kode, dan fungsi campur kode di Media Sosial Instagram Overheadbeauty. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk campur kode di media sosial Instagram overheadbeauty (2) mendeskripsikan jenis campur kode dalam media sosial Instagram overheadbeauty, dan (3) mendeskripsikan fungsi campur kode dalam media social Instagram overheadbeauty. Jenis penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah media sosial Instagram overheadbeauty. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak. Teknik dasar sadap dan Teknik lanjutan simak bebas libat cakap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan. Teknik dasar PUP dan teknik lanjutan hubung banding membedakan. Hasil penelitian ditemukan bentuk campur kode dalam bentuk kata, frasa dan klausa. Jenis campur kode berupa campur kode keluar, sedangkan fungsi campur kode yang ditemukan berupa fungsi untuk menegaskan atau menyakinkan suatu hal, fungsi untuk menghormati mitra tutur serta fungsi untuk mengakrabkan atau menyantaikan suatu pembicaraan

Downloads

Published

2024-05-27