Konsep Pendidikan Tauhid di Pesantren Persatuan Islam

Authors

  • Syarif Hidayat Institut Agama Islam Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i3.433

Abstract

Ilmu Tauhid merupakan ilmu fundamental dalam ajaran Islam yang harus disampaikan kepada seluruh umat Islam dan hukum mempelajarinya adalah fardhu ‘ain. Ilmu Tauhid di Pesantren Persis diberikan sejak Madrasah Ula hingga Mu’allimin, sehingga peserta didik di Pesantren Persis memahami dengan benar Ilmu Tauhid sejak belia hingga dewasa. Namun demikian, corak ajaran Tauhid di Pesantren Persis tidak seragam. Ada yang mengajarkan paham Asy’ari dan ada juga yang mengajarkan paham Salafi, bahkan ada yang memadukan keduanya. Karena itu, menarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai pemahaman ilmu Tauhid di Pesantren Persis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research dan field research berupa wawancara ke narasumber yang dianggap penting. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pesantren Persis tidak memiliki pemahaman Tauhid yang seragam sehingga amat tergantung dari masing-masing pengajar dan sumber buku yang diajarkannya

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Hidayat, S. (2024). Konsep Pendidikan Tauhid di Pesantren Persatuan Islam. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 479–490. https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i3.433