Etika Pegawai dalam Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala

Authors

  • Meldi Amijaya Program Studi Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Askar Mayusa Program Studi Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Khairil Rifdi Ilham Program Studi Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako, Indonesia
  • Moh. Fikri Program Studi Administrasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i3.434

Abstract

Etika Pegawai merupakan wujud kontrol dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan kewenangan sehingga pegawai harus menjadikan etika pegawai sebagai Pedoman dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat mewujudkan pelayanan publik yang baik kepada masyarakatnya, Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yaitu kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administrasi yang disediakan oleh Penyelenggara Pelayanan Publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis etika pegawai dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Indikator penilaian etika pegawai yang dipergunakan meliputi Persaman (equality), Keadilan (equity), Kesetiaan (loyality), dan Tanggungjawab (responsibility) yang diberikan penyelenggara pelayanan publik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi, analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari Kasi Pemerintahan, Kasi Pelayanan Umum, Staff Kantor Kecamatan dan Masyarakat di Kantor Kecamatan Balaesang Tanjung Kabupaten Donggala. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika pegawai dalam pelayanan publik telah berjalan dari empat aspek yaitu Persamaan (equality), nilai persamaan yang dijalankan sudah baik, Keadilan (equity) yang diterapkan sudah maksimal, Kesetiaan (loyality) pegawai yang bertugas sudah setia, Tanggungjawab (Responsibility) dalam menjalankan pelayanan sudah bertanggungjawab namun dalam segi kedisiplinan terutama disiplin waktu masih banyak pegawai yang tidak hadir tepat waktu dan membuat Pegawai yang ingin melakukan pelayanan menunggu

Downloads

Published

2024-07-29