Efektivitas Dakwah Digital Melalui Platform Media Sosial Instagram @masjid.imaduddin Terhadap Pengetahuan Keagamaan Dan Perubahan Sikap Beragama Pada Jama’ah

Authors

  • Nunung Nurhasanah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAI Persis Bandung, Indonesia
  • Rafid Shidqi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAI Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i5.542

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena peningkatan penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah, khususnya melalui akun Instagram @masjid.imaduddin. Masjid Imaduddin Graha HMI Bandung berupaya memanfaatkan platform digital ini untuk menyebarkan pesan-pesan keagamaan kepada jamaahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dakwah digital yang dilakukan melalui akun Instagram tersebut dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan pada jamaah Masjid Imaduddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada kader HMI Cabang Bandung, alumni HMI Cabang Bandung, masyarakat sekitar jalan Sabang dan Kelurahan Cihapit, serta masyarakat umum se-Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten-konten yang diunggah oleh akun Instagram @masjid.imaduddin dinilai menarik oleh jamaah. Konten-konten tersebut tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan penjelasan yang jelas sehingga mempermudah jamaah dalam memahami pesan-pesan keagamaan yang disampaikan. Selain itu, analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara dakwah digital melalui Instagram @masjid.imaduddin terhadap peningkatan pengetahuan keagamaan jamaah. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung sebesar 7.768, yang lebih besar daripada nilai t tabel 1.664, sehingga dapat disimpulkan bahwa dakwah digital yang dilakukan efektif dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan jamaah Masjid Imaduddin. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dakwah digital melalui Instagram @masjid.imaduddin lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan, namun tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan sikap beragama jamaah

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Nurhasanah, N., & Shidqi, R. (2024). Efektivitas Dakwah Digital Melalui Platform Media Sosial Instagram @masjid.imaduddin Terhadap Pengetahuan Keagamaan Dan Perubahan Sikap Beragama Pada Jama’ah. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(5), 1140–1148. https://doi.org/10.36418/syntaximperatif.v5i5.542