Kebijakan Pendidikan Islam di Pusat Dakwah Islam
(Penelitian di Pusat Dakwah Islam Jawa Barat Tahun 2012)
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v5i6.683Keywords:
Pendidikan Islam, Dakwah, Jawa BaratAbstract
Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) Jawa Barat merupakan lembaga keagamaan yang berfungsi sebagai pusat penyebaran dakwah dan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk program pendidikan Islam yang dijalankan oleh PUSDAI, metode yang digunakan, serta dampak yang dirasakan oleh masyarakat. Fokus utama ditujukan pada program KB-RA dan bimbingan belajar AQSA yang mencakup pendidikan baca tulis Al-Qur'an, tahsin, tahfidz, bahasa Arab, serta diklat dan kajian keislaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan di PUSDAI tidak hanya berorientasi pada pembinaan keagamaan, tetapi juga membangun kesadaran sosial, nilai-nilai kebangsaan, dan transformasi karakter umat. Metode pembelajaran yang diterapkan meliputi pendekatan Beyond Centre and Circle Time (BCCT), metode Al-Barqy, dan pendekatan edukatif berbasis syiar masjid. Setiap program didesain untuk menjangkau berbagai segmen usia dan latar belakang masyarakat. Program-program ini terbukti memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk masyarakat religius yang partisipatif dan mandiri. Penelitian ini merekomendasikan penguatan sistem dokumentasi program serta replikasi model pendidikan PUSDAI ke wilayah lain yang memiliki karakteristik sosial serupa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Heni Yuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.