Hambatan Profesi Guru di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan Untuk Mendapatkan Pengakuan Profesionalisme

Authors

  • Prita Indriawati Universitas Balikpapan, Indonesia
  • Tri Astuti Nuraini Universitas Balikpapan, Indonesia
  • Tiara Alifia Universitas Balikpapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.209

Keywords:

Profesionalitas, Hambatan, Guru

Abstract

Guru mengemban peran penting dalam proses berlangsungnya pendidikan. Bukan hanya sebagai pendidik yang menyampaikan materi namun juga harus mampu menjadi motivator, fasilitator, hingga sebagai pemacu perekayasa pembelajaran. Namun, pada kenyataanya di era persaingan yang ketat, mutu guru masih perlu ditinjau kembali. Hal ini yang kemudian menjadi tantangan bagi seorang guru dalam menjaga profesionalitasnya. Melalui penelitian kualitatif ini, diharapkan mampu mengeksplorasi tentang hambatan profesi guru di MA Negeri Balikpapan dalam mendapatkan pengakuan profesionalitas. Hasil penelitian menunjukkan dalam upaya mendapatkan pengakuan dan sertifikasi professional, di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan bahwa guru – guru yang berada di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan sudah 25 guru yang mendapatkan sertifikasi professional dan 4 guru belum mendapatkan sertifikasi professional. Hal ini berarti sekitar 85% guru yang sudah mendapatkan pengakuan professional. Guna meningkatkan profesionalitas maka alangkah lebih baik apabila seluruh guru di sekolah menyadari pentingnya sertifikasi, sehingga mutu guru sekaligus mutu pendidikan dapat ditingkatkan

Published

2023-01-30

How to Cite

Indriawati, P., Nuraini, T. A., & Alifia, T. (2023). Hambatan Profesi Guru di Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan Untuk Mendapatkan Pengakuan Profesionalisme. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 422–428. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.209

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.