Penerapan Metode Demonstrasi Secara Langsung dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih

Authors

  • Vivin Selviana Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep, Indonesia, Indonesia
  • Firda Ayu Wahyuni Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.210

Keywords:

Metode Demonstrasi, Minat Belajar, Fiqh

Abstract

Penerapan metode demonstrasi secara langsung pada mata pelajaran fiqh adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan peragaan untuk mata pelajaran fiqh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang menghambat penerapan metode demonstrasi secara langsung dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapaun dalam pengumpulan data penelitian yaitu dengan menggunakan instrumen, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data peneliti menggambarkan data atau informasi yang telah dikumpulkan, kemudian memilih dan mengolah data yang diperlukan sesuai dengan pembahasan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adapun yang menjadi penerapan metode demonstrasi secara langsung dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MI Nurul Hidayah Dungkek adalah dengan cara guru menjelaskan sekaligus memperagakan secara langsung materi pelajaran fiqh yang sedang dipelajari oleh siswa dengan berulang-ulang sampai siswa tersebut paham. Kemudian guru memberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi fiqh yang sedang dipelajari. Setelah itu, guru mengajak para siswa dan meminta salah satu dari mereka untuk mempraktekkan materi yang sudah disampaikan.  Faktor penghambat penerapan metode demonstrasi secara langsung dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MI Nurul Hidayah Dungkek 1. Kurangnya fasilitas, 2. Rasa kurang percaya diri, 3. Dan memakan banyak waktu

Published

2023-01-31

How to Cite

Selviana, V., & Wahyuni, F. A. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Secara Langsung dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 429–435. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.210

Citation Check

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.