Strategi Komunikasi Pemasaran Agen Asuransi
Studi Kasus PT Prudential Life Assurance di Sentosa Agency Bandung
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.642Keywords:
Direct Marketing, Komunikasi Pemasaran, Personal Selling, Word-Of-MouthAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh agen PT Prudential Life Assurance di Kantor Sentosa Agency Bandung. Fokus utama penelitian ini adalah pada penerapan strategi personal selling, word-of-mouth (WOM), dan direct marketing dalam meningkatkan efektivitas pemasaran asuransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, serta studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi agen asuransi, nasabah, serta perwakilan manajemen PT Prudential Life Assurance di wilayah Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi personal selling berperan penting dalam membangun hubungan yang erat antara agen dan nasabah, memungkinkan agen untuk memahami kebutuhan nasabah secara lebih mendalam. Strategi WOM positif terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan dan memperluas jangkauan pasar, sementara WOM negatif dapat berdampak buruk terhadap citra perusahaan jika tidak ditangani dengan baik. Adapun direct marketing, khususnya melalui brosur fisik, masih menjadi metode yang efektif untuk menjangkau berbagai segmen pelanggan, sementara pemasaran melalui media online kurang optimal bagi nasabah yang belum terbiasa dengan platform digital. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai efektivitas strategi komunikasi pemasaran berbasis agen dalam industri asuransi. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan
References
Chamidah, N. (2020). Marketing communication and synergy of pentahelix strategy on satisfaction and sustainable tourism. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(3), 177–190. https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no3.177
Chunikhina, T., Saiensus, M., Sinko, A., Iazvinska, N., Klimovych, O., & Siryk, R. (2023). Communication Strategies of Internet Marketing of Trading Enterprises. Journal of Law and Sustainable Development, 11, e820. https://doi.org/10.55908/sdgs.v11i3.820
Denzin, N. K., Lincoln, Y. S., Giardina, M. D., & Cannella, G. S. (2023). The Sage handbook of qualitative research. Sage publications.
Dwityas, N. A. (2020). Digital marketing communication strategies: The case of Indonesian news’portals. International Journal of Economics and Business Administration, 8(3), 307–316. https://doi.org/10.35808/ijeba/517
Farahdiba, D. (2020). KONSEP DAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN: PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN MENUJU ERA DISRUPSI. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992
Foster, B., & Johansyah, M. D. (2020). Effect of the use of internet marketing and e-WOM on brand awareness. Opcion, 36(91), 158–175.
Khasanah, I. (2019). Strategi komunikasi pemasaran lasagna Larise Dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 85–99.
Putra, R. A., & Doddy Iskandar. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. JX di Media Sosial. Jurnal Riset Public Relations, 141–148. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3128
Šeri?, M., Ozretic -Dosen, ur ana, & Škare, V. (2020). How can perceived consistency in marketing communications influence customer?brand relationship outcomes? European Management Journal, 38(2), 335–343.
Sitorus, S. A., Arina Romli, N., Tingga, C. P., Sukanter, N. P., Putri, S. E., Gheta, A. P. K., & Wardhana, A. (2022). Brand Marketing?: The Art Of Branding. In M. . Acai Sudirman, S.E. (Ed.), Brand Marketing: The Art of Branding (Nomor January).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Aditia Esthy Kurniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.