Penerapan Metode Farming Gardening Project dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Paud Nakula Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Fairuz Rezky Kusumawardhany Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesia, Indonesia
  • Erika Erika Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesia, Indonesia
  • Vinca Melati Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesia, Indonesia
  • Kiki Amanda Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesia, Indonesia
  • Putra Alief Dityaprima Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesia, Indonesia
  • Rayhan Ahmad Subchan Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesia, Indonesia
  • Muhammad Rafi Goutama Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesia, Indonesia
  • Dini Gandini Purbaningrum Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.211

Keywords:

farming gardening project, kolaborasi, paud, perkembangan kognitif

Abstract

Pendidikan Anak usia dini merupakan pendidikan awal pembentukan manusia, pada usia ini otak berkembang 80 % sampai usia 8 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, melalui stimulasi pembelajaran anak mampu berpikir secara simbolis, meskipun masih dibatasi oleh persepsi yang hanya berfokus pada satu dimensi terhadap satu objek . Tujuan penelitian ini secara umum adalah dapat meningkatkan perkembangan Kognitif Anak Usia Dini khususnya melalui Penerapan Metode Farming Gardening Project PAUD NAKULA Model Universitas Muhammadiyah Jakarta sehingga dapat memberikan kontribusi positif. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Alat yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada penilaian tingkat capaian perkembangan Kognitif anak berkembang sangat baik dari semua indikator  tingkat keberhasilan mencapai hasil  80%

Published

2023-01-31

How to Cite

Kusumawardhany, F. R., Erika, E., Melati, V., Amanda, K., Dityaprima, P. A., Subchan, R. A., … Purbaningrum, D. G. (2023). Penerapan Metode Farming Gardening Project dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Paud Nakula Kota Tangerang Selatan. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 436–445. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i6.211

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.