Persepsi dan Sikap Peserta Didik Tentang Media Sosial dan Teknologi dalam Pemanfataannya di SD Inpres Kayu Loe
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i2.229Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi sekolah di SD Inpres Kayu Loe terhadap penggunaan media sosial dan teknologi terhadap siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dilakukan secara ilmiah yaitu berkomunikasi secara langsung dan terlibat langsung di lokasi yaitu di SD Inpres Kayu Loe dengan mengadakan tanya jawab dan melakukan diskusi langsung serta proses belajar mengajar dengan menggunakan media sosial dan teknologi. Dalam proses belajar mengajar media digunakan sebagai alat komunikasi, dan apabila digunakan dalam pembelajaran dapat membantu penyampaian materi dari guru kepada siswa secara lebih efektif, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih efektif. Menurut tanggapan kepala sekolah SD Inpres Kayu Loe, pemanfaatan media di sekolah sudah cukup baik, namun pemanfaatannya dalam pembelajaran masih jarang karena kurangnya fasilitas yang memadai di sekolah. Inovasi pendidikan dan teknologi pendidikan saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Teknologi digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam memecahkan masalah yang dihadapi manusia.