Analisa Mutu Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien

Authors

  • Octavianus Maranggi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Adang Bacthiar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Puput Oktamianti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.304

Abstract

Latar belakang: Kepuasan pasien merupakan komponen integral dari kualitas layanan kesehatan dan telah diadopsi sebagai proksi untuk menilai kualitas dan meningkatkan keberlanjutan layanan kesehatan di banyak negara.
Tujuan: Tinjauan pustaka sistematis ini bertujuan untuk mengkaji faktor- faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Metode: Systematic Literature Review menggunakan metode sistematis PRISMA 2020 dengan database perpustakaan online Scopus, Sage Journal, Proquest, Pubmed, dan Willey dengan tema pencarian Hospital service quality indicators, patient satisfaction, patient loyalty. Penilaian dilakukan terhadap Artikel Jurnal.
Hasil: Metode SERVQUAL paling banyak digunakan oleh peneliti (n=13), metode HEALTHQUAL (n=4), dan metode lainnya yang dikembangkan oleh masing-masing peneliti (n=11).
Kesimpulan: Didapatkan beberapa metode analisa mutu pelayanan rumah sakit di berbagai negara dengan loyalitas pasien dan kepuasan pasien, baik yang bersifat langsung ataupun yang tidak langsung

Downloads

Published

2023-12-25