Efektivitas Strategi Marketing RS Terhadap Minat Kunjungan Pasien

Authors

  • Octavianus Maranggi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Wahyu Sulistiadi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Adang Bachtiar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.332

Abstract

Kunjungan pasien memiliki peran sentral dalam eksistensi rumah sakit, dan peningkatan kunjungan dapat dicapai melalui strategi pemasaran yang efektif. Melalui Systematic Literature Review dengan metode PRISMA 2020, tujuh elemen bauran pemasaran jasa dievaluasi untuk memahami pengaruhnya terhadap jumlah kunjungan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kunci dalam meningkatkan kunjungan pasien adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di rumah sakit. SDM yang berkualitas tidak hanya memperbaiki citra rumah sakit melalui promosi tidak langsung, tetapi juga berperan penting dalam penyediaan pelayanan kesehatan prima. Kesimpulannya, SDM (People) merupakan elemen krusial dalam strategi pemasaran rumah sakit yang dapat signifikan memengaruhi kunjungan pasien melalui pemberian pelayanan prima

Downloads

Published

2024-01-25