Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Pelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Irpan Hilmi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Kawalu Kota Tasikmalaya, Indonesia
  • Fitri Nurhayati Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Kawalu Kota Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i6.331

Abstract

Penelitian ini mengutip pernyataan Syaikhul Islam Ibn Taimiyah, yang menegaskan bahwa bahasa Arab merupakan bagian integral dari agama Islam dan mempelajarinya adalah kewajiban, terutama dalam memahami Al-Quran dan As-Sunnah. Fokus penelitian adalah pada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Persis 67 Benda kelas 7. Dalam konteks pendidikan, guru dianggap sebagai pejuang garis depan yang memiliki peran penting dalam membentuk insan-insan Indonesia yang tidak hanya cerdas dalam pengetahuan, tetapi juga efektif dan psikomotorik. Guru diharapkan dapat menjadi motivator yang mampu menumbuhkan energi positif pada pembelajar, membangun antusiasme, dan semangat belajar agar proses dan hasil belajar mencapai tingkat optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional deskriptif untuk mengidentifikasi hubungan antara motivasi belajar (X) dan prestasi belajar siswa (Y). Hasil analisis data dan uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan signifikan antara motivasi belajar siswa dan prestasi pelajaran bahasa Arab kelas 7. Dengan koefisien korelasi sebesar 0,420, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh positif yang lemah terhadap prestasi belajar siswa. Selain itu, ditemukan bahwa prestasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Persis 67 Benda masih belum mencapai tingkat yang memuaskan, ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa yang mencapai 4.0.

Downloads

Published

2024-01-25