Analisis Perbandingan Kurikulum Merdeka dalam Pelajaran PAI di Sekolah Umum dan Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i1.657Keywords:
Kurikulum, PAI, Sekolah Umum, MadrasahAbstract
Penelitian ini membahas implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum dan madrasah. Kurikulum Merdeka memberikan sekolah kebebasan dan fleksibilitas untuk menyusun dan mengelola pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Studi ini menggunakan metode kajian literatur. Data primer dari studi ini berasal dari dokumen resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag), serta data sekunder dari jurnal, buku, dan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam PAI meningkatkan pemahaman konsep, kompetensi, dan karakter siswa. Penerapan di sekolah umum dan madrasah berbeda dalam hal struktur kurikulum, metode pembelajaran, alokasi waktu, dan sistem evaluasi. Untuk menerapkan kurikulum ini, guru harus siap, teknologi harus digunakan, dan prinsip Islam harus dimasukkan ke dalam konsep kebebasan belajar. Untuk mengatasi masalah ini, guru harus dilatih lebih baik, materi harus dipilih dengan benar, dan metode pembelajaran harus lebih fleksibel dan inovatif. Jadi, kurikulum bebas PAI dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan lebih banyak ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al Panes, Tira Mulia, Nur Hidayah Adelia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.