Hubungan Relasi Keluarga dengan Impostor Phenomenon Pada Mahasiswa Berprestasi Secara Akademik

Authors

  • Bahrudin Bahrudin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia, Indonesia
  • Shela Kuroton Aini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.803

Keywords:

Relasi keluarga, impostor phenomenon, mahasiswa dengan prestasi akademik

Abstract

Keberhasilan mahasiswa dalam mencapai setiap prestasinya tidak terlepas dari peran keluarga dalam hidupnya. Kurangnya pengakuan keluarga akan prestasi yang telah dicapai mahasiswa membuatnya mempertanyakan kembali kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya sehingga mendukung timbulnya impostor phenomenon pada mahasiswa berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan relasi keluarga dengan impostor phenomenon pada mahasiswa berprestasi secara akademik. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa berprestasi secara akademik dengan IPK minimal 3,00 dan menggunakan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur impostor phenomenon menggunakan Clance Impostor Phenomenon Scale (CIPS) yang disusun oleh Pauline Rose Clance (1985) dan menggunakan Brief Family Relationship Scale (BFRS) yang disusun oleh Fok et al. (2014) untuk mengukur variabel relasi keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisa data Pearson Corellation dan pengolahan data menggunakan bantuan Jamovi 2.3.28.0. Nilai reliabilitas alat ukur relasi keluarga yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu sebesar 0,958 dan nilai reliabilitas alat ukur impostor phenomenon sebesar 0,893. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai pearson’s r = -0,369 dengan nilai probability value <0,001. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang negatif signifikan antara relasi keluarga dan impostor phenomenon, artinya semakin rendah relasi keluarga yang terjalin maka semakin tinggi impostor phenomenon yang dialami mahasiswa dengan prestasi akademik.

References

Abdelaal, G. (2020). Coping with imposter syndrome in academia and research. The Biochemist, 42(3), 62–64.

Arya, M. Z., & Tetteng, B. (2023). Self-esteem dan fenomena impostor pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(4), 41–54.

Bhama, A. R., Ritz, E. M., Anand, R. J., Auyang, E. D., Lipman, J., Greenberg, J. A., & Kapadia, M. R. (2021). Imposter syndrome in surgical trainees: Clance imposter phenomenon scale assessment in general surgery residents. Journal of the American College of Surgeons, 233(5), 633–638.

Bravata, D. M., Watts, S. A., Keefer, A. L., Madhusudhan, D. K., Taylor, K. T., Clark, D. M., Nelson, R. S., Cokley, K. O., & Hagg, H. K. (2020). Prevalence, predictors, and treatment of impostor syndrome: a systematic review. Journal of General Internal Medicine, 35(4), 1252–1275.

Burrow, J., Dooley, M., Wright, T., & DeClou, L. (2012). A report on the postsecondary decisions of high-achieving students in Ontario. Toronto: Toronto Higher Education Quality Council of Toronto.

Cigoli, V., & Scabini, E. (2007). Family identity: Ties, symbols, and transitions. Routledge.

Clance, P. R. (1985). The impostor phenomenon: Overcoming the fear that haunts your success. (No Title).

Clance, P. R., & Imes, S. A. (1978). The imposter phenomenon in high achieving women: Dynamics and therapeutic intervention. Psychotherapy: Theory, Research & Practice, 15(3), 241.

Clara, E., & Wardani, A. A. D. (2020). Sosiologi keluarga. Unj Press.

Deković, M., & Buist, K. L. (2005). Multiple perspectives within the family: Family relationship patterns. Journal of Family Issues, 26(4), 467–490.

Dudău, D. P. (2014). Irrational beliefs and impostor phenomenon among high school students: A correlational model and its relevance to rebt practice. Romanian Journal of Cognitive Behavioral Therapy and Hypnosis, 1(1), 1–15.

Fok, C. C. T., Allen, J., Henry, D., & Team, P. A. (2014). The Brief Family Relationship Scale: A brief measure of the relationship dimension in family functioning. Assessment, 21(1), 67–72.

Harvey, J. C., & Katz, C. (1985). If I’m so successful, why do I feel like a fake?: The impostor phenomenon. St. Martin’s Press New York.

Hawley, K. (2019). I—What is impostor syndrome? Aristotelian Society Supplementary Volume, 93(1), 203–226.

Jacob, T. (1992). Family studies of alcoholism. Journal of Family Psychology, 5(3–4), 319.

Langford, J., & Clance, P. R. (1993). The imposter phenomenon: Recent research findings regarding dynamics, personality and family patterns and their implications for treatment. Psychotherapy: Theory, Research, Practice, Training, 30(3), 495.

Lester, D., & Moderski, T. (1995). The impostor phenomenon in adolescents. Psychological Reports, 76(2), 466.

Moos, R. H., & Moos, B. S. (1976). A typology of family social environments. Family Process, 15(4), 357–371.

Opara, M., Klen, K. K., & Kozinc, Z. (2023). Impostor syndrome in physiotherapy students: effects of gender, year of study and clinical work experience. Sport Mont, 21(1), 37–42.

Patzak, A., Kollmayer, M., & Schober, B. (2017). Buffering impostor feelings with kindness: The mediating role of self-compassion between gender-role orientation and the impostor phenomenon. Frontiers in Psychology, 8, 1289.

Pramesti, S. L. D., & Diah, S. L. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 21(1), 3.

Sakulku, J. (2011). The impostor phenomenon. The Journal of Behavioral Science, 6(1), 75–97.

Shreffler, M. B., Murfree, J. R., Huecker, M. R., & Shreffler, J. R. (2023). The impostor phenomenon and work–family conflict: An assessment of higher education. Management in Education, 37(1), 5–12.

Sightler, K. W., & Wilson, M. G. (2001). Correlates of the impostor phenomenon among undergraduate entrepreneurs. Psychological Reports, 88(3), 679–689.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung Alfabeta.

Thomas, P. A., Liu, H., & Umberson, D. (2017). Family relationships and well-being. Innovation in Aging, 1(3), igx025.

Thompson, T. (2004). Failure–avoidance: Parenting, the achievement environment of the home and strategies for reduction. Learning and Instruction, 14(1), 3–26.

Thompson, T., Davis, H., & Davidson, J. (1998). Attributional and affective responses of impostors to academic success and failure outcomes. Personality and Individual Differences, 25(2), 381–396.

Wulandari, A. D., & Sia, T. (2007). Impostor phenomenon, self-esteem, dan self-efficacy. ANIMA Indonesian Psychological Journal, 23(1), 63–73.

Downloads

Published

2025-10-03

How to Cite

Bahrudin, B., & Aini, S. K. (2025). Hubungan Relasi Keluarga dengan Impostor Phenomenon Pada Mahasiswa Berprestasi Secara Akademik. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(4), 1078–1085. https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i4.803

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.