Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital pada Mata Kuliah Desain Setting Kelas

Authors

  • Tepi Mulyaniapi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i02.107

Keywords:

Efektifitas, Media, Literasi, Desain

Abstract

Secara umum media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis literasi digital pada mahasiswa semester VI PIAUD STAI Persis Bandung. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan metode Mixed Method, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Mixed method (metode gabungan: kualitatif- kuantitatif). Menurut hasil perhitungan terhadap 19 butir soal yang berkaitan dengan efektifitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis literasi digital pada mata kuliah Design dan Setting Kelas PIAUD B Semester VI STAI Persis Bandung yang penulis berikan kepada 34 mahasiswa kelas tersebut termasuk dalam kategori “efektifâ€. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa efektifitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis literasi digital pada mata kuliah Design dan Setting Kelas PIAUD B Semester VI STAI Persis Bandung sudah efektif dilaksanakan.

Published

2021-05-20

How to Cite

Mulyaniapi, T. (2021). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Literasi Digital pada Mata Kuliah Desain Setting Kelas. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 116–131. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i02.107

Citation Check