Desain Pembelajaran Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Self Efficacy Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.170Keywords:
discovery learning, self efficacy, penelitian dan pengembanganAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan desain pembelajaran yang berbasis model discovery learning untuk siswa kelas 2 sekolah dasar. Desain pembelajaran yang dikembangkan secara spesifik untuk menstimulasi berkembangnya self efficacy sebagai dampak pengiring proses belajar. Implementasi penelitian dilakukan berdasar model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantarannya kuesioner dan wawancara. Kuesioner digunakan untuk mengembangkan desain pembelajaran dan pengukuran self efficacy sementara wawancara digunakan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Setelah proses pengembangan dan pengujian ditemukan bahwa desain pembelajaran memiliki kualitas konten sangat baik dan terjadi peningkatan self efficacy sebesar 30%.