Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Ice Breaking di Paud Al-Burhan Desa Pakamban Laok

Authors

  • Hasnaul Laila Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Indonesia, Indonesia
  • Muru’atul Afifah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i4.173

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Kecerdasan Interpesonal, Ice Breaking

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan dan model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Salah satu pendekatan yang digunakan di PAUD Al-Burhan adalah pendekatan saintifik yang dikolaborasikan dengan metode ice breaking agar pembelajaran di PAUD Al-Burhan lebih menyenangkan dan anak memiliki kecerdasan intepersonal yang baik. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui ice breaking di PAUD Al-Burhan, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode pemebelajan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, di PAUD Al-Burhan Pakamban Laok. Data yang diperoleh berdasarkan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. selanjutnya pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa PAUD Al-Burhan memilih terlebih dahulu jenis ice breaking kemudian menerapkannya bersamaan dengan langkah pendekatan saintifik mengikuti langkah-langkah ice breaking tersebut. Hal itu berhasil membuat anak lebih senang dan bersemangat saat belajar. Faktor pendukung dalam penerepannya adalah adanya guru yang berkompeten, fasilitas yang memadai, dan lingkungan belajar yang nyaman. Sedangkan faktor  penghambatnya adalah guru yang tekadang masih mendominasi anak saat pembelajaran dan mood anak yang buruk

Published

2022-09-23

How to Cite

Laila, H., & Afifah, M. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Ice Breaking di Paud Al-Burhan Desa Pakamban Laok. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(4), 243–252. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i4.173

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.