Studi Deskriptif tentang Penggunaan Dongeng Lokal “Mpama” untuk Meningkatkan Pemahaman Moral dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.54543/syntaximperatif.v6i3.702Keywords:
Dongeng lokal, mpama, moral, keterampilanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pemanfaatan dongeng lokal “Mpama” sebagai media pembelajaran dalam menanamkan nilai moral dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI SD Inpres 2 Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus, penelitian ini dilaksanakan dalam satu sesi pembelajaran berdurasi ±105 menit dengan melibatkan 25 siswa dan satu guru kelas sebagai informan pendukung. Metode pengumpulan data mencakup observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, refleksi tertulis siswa, dan dokumentasi kegiatan untuk memastikan validitas melalui triangulasi sumber dan teknik, serta member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng “Mpama” tidak hanya berhasil membangkitkan keterlibatan emosional siswa, tetapi juga menstimulasi proses kognitif reflektif. Siswa mampu mengidentifikasi nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keberanian, serta mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Diskusi kelompok memfasilitasi dialog etis dan pertukaran perspektif yang memperkuat keterampilan berpikir kritis, sementara refleksi individu menegaskan proses internalisasi nilai secara personal. Dongeng sebagai teks literasi lokal terbukti efektif dalam menjembatani aspek afektif, kognitif, dan sosial siswa, serta memperkuat literasi moral. Pembelajaran berbasis cerita rakyat seperti “Mpama” mengusung pendekatan humanistik yang tidak hanya membentuk karakter siswa, tetapi juga merevitalisasi kearifan lokal sebagai sumber nilai dan pembelajaran kontekstual. Dengan demikian, penelitian ini menawarkan kontribusi strategis bagi pengembangan model pembelajaran yang transformatif, reflektif, dan berakar pada budaya lokal, relevan dengan kebutuhan pendidikan karakter di era global.
References
Abdul Rozak, R. W., & Mulyati, Y. (2018). Sastra Dongeng dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 45. https://doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.860
Ahyani, L. N., & Kudus, U. M. (2010). Metode Dongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan. Jurnal Psikologi, I(1), 24–32.
Ardini, P. P. (2015). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905
Damono, S. D. (n.d.). 1 , 2 , 3.
Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.
Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.17977/um008v1i12017p021
Harahap, R. A. S. (2019). Membangun kecerdasan anak melalui dongeng rani astria silvera harahap. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 59.
Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Sidik, G. S. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 78. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10867
Prastya, C., Ida Bagus Putrayasa, & I Nyoman Sudiana. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259
Puspitoningrum, E., Sardjono, & Rahmayantis, M. D. (2022). Pembelajaran Menulis Dongeng. In Repository.Unpkediri.Ac.Id.
Rosada, U. D. (2016). Memperkuat Karakter Anak Melalui Dongeng Berbasis Media Visual. CARE (Children Advisory Research and Education), 04, 42–49.
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106
Soetantyo, S. P. (2013). Peranan Dongeng Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 14(1), 44–51. https://doi.org/10.33830/jp.v14i1.355.2013
Vera Sophya, I. (2018). Membangun Kepribadian Anak Dengan Dongeng. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 183. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4272
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nurafiffuddin Nurafiffuddin, Rusi Rusmiati Aliyyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.